5 Universitas Negeri di Surabaya dan Jurusan Terfavorit – Kota Surabaya merupakan kota besar yang direkomendasi untuk menuntut ilmu. Ada banyak kampus negeri di Surabaya. Semua setuju bahwa kualitasnya telah terjamin. Banyak yang mengira bahwa kuliah di Surabaya itu mahal-mahal. Faktanya, sebenarnya ada yang mahal tapi banyak juga kampus negeri di Surabaya yang murah. Tergantung pada langkah kamu dalam mencari Info biaya berkenaan kampus dan jurusan.

Kalau kamu menginginkan cari PTN di Surabaya yang murah, cobalah mencari kampus negeri di Surabaya yang sepi peminat. Biasanya harganya terjangkau. Namun tenang saja, fasilitasnya tidak bisa diremehkan dan karirmu tetap terjamin sepanjang kamu rajin belajar.

5 Universitas Negeri di Surabaya dan Jurusan Terfavorit

Supaya kamu nggak kebingungan sudi kuliah di PTN mana, tersebut ini telah dirangkum 5 kampus negeri di Surabaya. Simak baik-baik!

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ini adalah kampus negeri di Jawa Timur yang paling diidolakan arek-arek Jawa Timuran, terasa dari Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Madiun, Tuban, dan lainnya. Jika berkuliah di Kedokteran atau jurusan kesehatan, tentu UNAIR adalah bidikan yang pertama. Jurusan yang terfavorit di UNAIR adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Hukum, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

Kamu tetap miliki kesempatan untuk masuk UNAIR dengan langkah masuk ke jurusan yang sepi peminat. Antara lain Fisika dan Rekayasa Nanoteknologi. Bisa juga kuliah di jurusan Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Akuakultur, dan Akuntansi yang ada di kampus Banyuwangi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa di Universitas Terbuka

2. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Kalau UNAIR dirasa amat berat, bolehlah kamu cobalah untuk berkuliah di UNESA. Coba memandang pernah jurusan terfavorit adalah PGSD, Psikologi, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Komunikasi. Jika kamu menginginkan dengan enteng menjadi mahasiswa UNESA, cobalah saja masuk ke jurusan di UNESA yang sepi peminat di antaranya adalah jurusan Seni Rupa Murni, Seni Musik, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Bahasa Jerman, dan Pendidikan Teknik Bangunan.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kalau kamu menginginkan menjalani karir di dunia start up atau karir berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi, maka berkuliahlah di ITS. Pokoknya lulus dari ITS, di jamin bakal banyak duwit atau pendapatan yang bakal kamu dapat.

Jurusan terfavorit dan paling di perebutkan di ITS adalah Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sistem Informasi.

Kamu bisa juga masuk ke jurusan yang sepi peminat di ITS. Tenang saja, kesempatan kerja dan pendapatan kemungkinan sama-sama besar. Berikut ini jurusan yang kemungkinan bisa menjadi alternatif pilihanmu adalah Fisika, Biologi, Teknik Transportasi Laut, dan Teknik Sistem Perkapalan.

4. UPN Veteran Jawa Timur

Berkuliah di Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Jawa Timur juga bisa menjadi alternatif pilihan kampus terbaikmu. Kamu bisa masuk ke jurusan yang favorit layaknya Sistem Informasi, Manajemen, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Hukum.

Kalau di rasa ada problem untuk masuk ke jurusan favorit, cobalah saja masuk ke jurusan lain yang nggak kalah keren, layaknya Agroteknologi, Teknik Kimia, dan Desain Komunikasi Visual. Keren, bukan?

5. UIN Sunan Ampel

Kalau kamu menginginkan berkuliah di daerah yang menjadikan Islam sebagai landasan utama pembelajaran, maka UIN Sunan Ampel jawabannya. Cobalah mendaftar di jurusan yang favorit yaitu Manajemen dan juga Psikologi.

Bisa juga jikalau kamu masuk ke jurusan yang sepi peminat di UIN Sunan Ampel. Beberapa contohnya adalah Ilmu Kelautan, Matematika, dan Pendidikan IPA. Cukup mengherankan mengapa ketiga jurusan ini sepi peminat, padahal kesempatan karirnya besar.